Jumat, 12 Mei 2023

Mengenal Digital Art



Digital Art atau karya seni digital adalah sebuah karya seni yang menggunakan berbagai teknologi digital. Dengan adanya digital art, banyak seniman zaman now dapat membuat berbagai karya seni seperti gambar, lukisan, video, dan karya lainnya secara digital. 


Pada zaman now kita bisa dengan mudah mengubah imajinasi kita menjadi sebuah karya seni. Karena saat ini kita sudah handal menggunakan teknologi yang biasa disebut digital. Seni digital secara umum dapat diartikan sebagai teknik mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk karya visual dengan menggunakan aplikasi atau software.

 

Digital art atau seni digital mengarah kepada karya seni yang dibuat atau dimodifikasi dengan alat dan teknologi digital. Seniman digital menggunakan perangkat lunak & perangkat keras komputer seperti: tablet grafis, komputer, smartphone dan lainnya dalam membuat karya seni.


Beberapa jenis digital art yang populer pada zaman now:

  • Ilustrasi Digital

Seni ilustrasi digital yang dibuat oleh seniman dengan menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator untuk menggambar, mewarnai, dan mengedit gambar untuk dikreasikan.

  • Seni 3D

Seni 3D meliputi pembuatan objek dan karakter tiga dimensi menggunakan perangkat lunak khusus seperti Autodesk Maya atau Blender. Seniman 3D membuat model digital yang dapat dilihat dari berbagai sudut dan digunakan dalam animasi, efek visual, atau permainan komputer.

  • Foto Manipulasi 

Foto manipulasi melibatkan penggabungan dan manipulasi foto digital menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop. Seniman digital mengedit gambar untuk menciptakan karya seni baru yang menggabungkan elemen dari beberapa foto atau efek visual sehingga menghasilkan karya yang unik dan kreatif.

  • Seni Fraktal 
Seni fraktal meliputi pembuatan gambar atau objek yang terdiri dari pola geometris yang berulang secara terus-menerus. Perangkat lunak khusus digunakan untuk membuat dan memanipulasi fraktal.

Adapun selain itu, digital art juga dapat meliputi animasi, seni generatif, seni VR (realitas virtual), dan masih banyak lagi. Keuntungan menggunakan digital art adalah fleksibel, karya dapat diedit  kembali dengan mudah, dan dapat diakses ke efek yang dapat meningkatkan kreativitas seniman dalam berkarya.

Beberapa keuntungan dari digital art meliputi: 
  • Karya seni ini sangat mudah untuk dipelajari oleh pemula. Bahkan orang yang tidak tahu  tentang seni pun bisa mempelajarinya untuk meningkatkan skill. 
  • Ketika melakukan kesalahan pada saat pembuatan sebuah karya maka kita dapat menghapusnya tanpa merusak esensi karya tersebut.
  • Hasil karya yang dihasilkan lebih unik dan kreatif. 
  • Dengan adanya inovasi teknologi yang semakin canggih  menjadikan terciptanya karya seni yang semakin unik dan berkelas.
Karya seni digital yang dapat dipraktekkan sebagai berikut: 
  • Web Desain
Web desain adalah seni  membuat desain di web dalam bentuk grafis. Desain web dapat membuat situs web lebih estetik, menarik, dan sederhana. Sehingga banyak pengunjung tidak hanya  mengunjungi situs tetapi juga menikmatinya. 
  • Animations 
Animation adalah karya seni yang menggunakan teknik manipulasi gambar untuk membuat gambar bergerak . Berkat teknologi canggih, animasi kini dapat dibuat dalam bentuk 3D yang terlihat lebih alami.
  • Digital Photography 
Digital photography adalah sebuah karya seni yang menggunakan kamera yang berisi rangkaian detektor foto elektronik yang dapat menciptakan gambar yang estetik.
  • Digital Painting 
Seni lukis digital adalah teknik yang disukai seniman dengan menggunakan fitur dan  software canggih, seorang seniman dapat dengan mudah melukis karya seni di mana saja dan kapan saja.


LadaiArt merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa ilustrasi digital yang menawarkan hasil ilustrasi yang unik dan kreatif dalam bentuk file. png bisa request background dan tulisan.

This Is The Oldest Page